Lazismu Bergerak Untuk Bencana di Kalimantan Barat

Lazismu Kalimantan Barat turut berkontribusi dalam penanganan bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Kalimantan Barat. Lazismu Kalimantan Barat bekerja sama dengan organisasi internal Muhammadiyah dan penggiat sosial media seperti Pontianak informasi, Sambas Informasi, Landak Informasi serta penggiat sosial media lainnya dan beberapa komunitas untuk menggalang dana yang akan di salurkan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Sejauh ini Lazismu Kalimantan Barat beserta para relawan telah menyalurkan ke 4 daerah berbeda yang di salurkan dalam 4 tahap. Bantuan tahap pertama dan kedua di penyalurannya berada di Kabupaten Landak tepatnya di Desa Raja dan Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang serta di Kecamatan Sengah Temila yang terendam banjir setinggi 2-3 meter yang menyebabkan rumah warga terendam oleh air hingga ke atap rumah dan membuat kegiatan ekonomi warga lumpuh.

 Pada tahap ketiga menyasar di daerah Kabupaten Sambas tepatnya di Desa Sepantai, Kecamatan Sejangkung yang membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam perjalanan melalui jalur darat dan air. Dan pada Tahap keempat yang menjadi tempat penyaluran adalah di Desa Kuala Karang, Kecamatan Telok Pak Kedai, Kabupaten Kubu Raya yang warganya tertimpa musibah badai angin laut yang membuat rumah warga rusak bahkan ada 17 rumah yang rusak berat dan tidak dapat ditinggali sehingga warga yang rumahnya hancur terpaksa harus mengungsi ke tempat lain.

Saat ini Lazismu Kalimantan Barat bersama para relawan dan mitra kerjasama masih terus aktif menggalang dana untuk menyasar daerah-daerah lain yang terdampak bencana namun belum mendapatkan bantuan baik bahan makanan atau obat-obatan. Penggalangan akan terus dijalankan hingga situasi membuat khususnya di Kalimantan Barat dan beberapa provinsi lain yang terdampak bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *