MASJID AL-HIDAYAH MENJADI HIDAYAH BAGI MUALAF DI SEKITAR

Prihatin dengan  mualaf  di Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten  Kubu Raya  yang harus menempuh jarak 20 km untuk ke  masjid , Lazismu bersama kitabisa.com membangunkan  masjid mereka .

Mualaf  di Kampung Jelau,  Kubu Raya  – Kalimantan Barat mendapat kabar gembira, karena eksistensi mereka di kawasan minoritas muslim diperhatikan oleh  Muhammadiyah  dengan membangunkan  masjid mereka .

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah  (PWM) Kalbar, Nilwani Hamid menuturkan,  Masjid  Al Hidayah yang dihadiahkan oleh Lazismu Kalbar dan kitabisa.com dapat berkembang menjadi pusat dakwah Islam bagi  mualaf  Kampung Jelaw,  Kubu Raya .

Tidak hanya itu, Pak Nilwani juga mendorong agar anak-anak dari Kampung Jelaw bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Dia menyebut ada Universitas Muhammadiyah  Pontianak, maupun universitas  Muhammadiyah yang lain baik di Jawa maupun di Kalimantan.

“Anak-anak yang telah menempuh pendidikan ini diharapkan dapat kembali ke kampung halamannya untuk mendidik dan mengembangkan ilmu Alquran dan fiqih keislaman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mualaf  Tempuh 20 KM ke  Masjid  Terdekat

Sementara itu, Ketua Lazismu Kalbar, Ismail Syailillah menambahkan, Kampung Jelaw merupakan daerah minoritas muslim yang masih belum memiliki  masjid  sehingga warga yang ingin melaksanakan ibadah harus menempuh jarak 20 kilometer untuk sampai ke  masjid  terdekat.

oleh karena itu, Lazismu Kalbar bekerja sama dengan Kitabisa.com berkomitmen membangun  masjid  Al Hidayah di Kampung Jelaw,  Kubu Raya .

“Dengan terbangunnya  Masjid  Al Hidayah Lazismu Kalbar berharap ada upaya untuk membina masyarakat Kampung Jelaw secara bersama-sama antara majelis dan lembaga Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah  Kalimantan Barat untuk melaksanakan syiar berkelanjutan kepada jemaah  Masjid  Al Hidayah,” ujar Ismail Syailillah.

Resi Jesita mewakili Kitabisa.com menyatakan penggalangan dana secara digital untuk pembangunan  Masjid  Al Hidayah melalui situs Kitabisa.com dilakukan pada bulan Maret 2022. Donasi yang berani untuk membangun  Masjid Al Hidayah ini mendapat respon yang sangat baik dari donatur.

Masjid ini menjadi wadah bagi para muallaf di sekitar dimana masjid ini menjadikan desa jelau dapat dilihat oleh pemerintah kabupaten, Desa jelau terletak di kawasan perkebunan yang membuatnya tidak memiliki udara bersih,listrik, dan keterbatasan sinyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *